AH BURHANUDIN

Karena bukan orang kaya, bukan pula anak raja. Sebab itu aku menulis...

Selengkapnya
Muatan Psikologi Buku Cerita Anak

Muatan Psikologi Buku Cerita Anak

Setiap buku harus punya ruh positif. Apalagi buku cerita anak. Generasi bangsa itu perlu bacaan yang mendidik: tentang pentingnya kerjasama. Persahabatan. Kerja keras dan tanggung jawab.

Tunas-tunas kecil itu jangan hanya dicekoki bacaan tentang tahayul. keberuntungan. Dan kebahagian instan. Sebab, bacaan itu akan memengaruhi psikologi anak di kehidupannya, kelak.

Anak yang tahu-nya hanya tentang ketidakpastian. Mak bedunduk. Ujug-ujug: sukses karena menemukan harta karun; kaya karena menikah dengan anak raja; sukses karena lampu ajaib. Dan semisalnya. Pikiran si anak akan berurat nadi pada pengetahuan di otaknya. Manut.

Alhasil, mereka akan jadi orang dewasa yang hanya tahu tentang kesuksesan sebagai sebuah proses keberuntungan. Namun, tidak tahu proses yang telah dilakukan. Tidak mengerti bahwa ada proses berdarah-darah yang dilalui. Dan. Saat mbrebes mili yang dilewati. Iya. Seperti proses untuk mendapatkanmu saat itu. Ajur, Jum.

Selain itu, bacaan anak harus diakhiri dengan happy ending: ceria. Kemenangan. Tertawa-tertawa. Bahagia. Kesuksesan. Jangan diisi kekalahan. Kegagalan. Ketidakjelasan. Apalagi putus cinta. Seperti kisah Markonah dan Paijo. Sedih. Jadi apa nanti anak-anak kalau sudah sedih dari kecil. Tidak punya mimpi. Harapan hampa. Rasa tidak bangga. Minder.

Dunia anak itu dunia senang. Apalagi saat usia SD dan SMP. Masa kecil itu harus bahagia. Iya. Seperti aku dan kamu.

#300619

#motifbasi

#prosesmeliterasi

#terkadang_urip_kudu_diawur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Super sekali. Proses memang yang utama.Setuju sekali. Salam kenal dan sukses selalu.

01 Jul
Balas

Salam kenal juga Bu

01 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali